Tuesday 10 January 2012

Tantangan Pelaporan Peran Inggris di Eropa

Isu yang terlibat dalam keanggotaan Inggris Uni Eropa mewakili faultline yang berjalan tidak hanya melalui politik Inggris tetapi melalui masyarakat Inggris. Ini adalah topik yang sering memancing kemarahan pemirsa, pendengar, dan pembaca seperti beberapa orang lainnya.

Anda hanya harus melihat jajak pendapat di Times hari ini, menunjukkan dukungan yang luas untuk tindakan Perdana Menteri pada pertemuan puncak pekan lalu, untuk melihat kedalaman dan kekuatan Euro-skeptis di seluruh negeri. Seperti subjek yang sangat kontroversial, selalu menantang untuk sebuah organisasi berita tidak memihak untuk melaporkan tanpa mengobarkan pandangan yang kuat di kedua sisi perdebatan.

Kepercayaan harus menjadi inti hubungan BBC dengan penonton dan itulah mengapa kita mendengarkan dengan seksama berbagai penonton memberi kami umpan balik. Kami telah memiliki beberapa kritik terhadap cakupan kami selama akhir pekan mengklaim itu terlalu "pro-Eropa". Saya telah melihat, mendengar dan membaca banyak dari apa yang kita lakukan dan tanpa rasa puas, saya pikir kami melaporkan kejadian secara adil dan akurat dan berusaha keras untuk menangkap rentang yang sangat luas pandangan tentang KTT pekan lalu.

Hal ini bukan tugas kita untuk memanggil setiap KTT tentang topik apa pun sebagai "kemenangan" atau "bencana". Peran kami adalah hanya untuk melaporkan dan menganalisis peristiwa dan mereka jatuh keluar.

Tidak ada perselisihan bahwa ada deretan besar di Brussels minggu lalu atau bahwa pendekatan Perdana Menteri meninggalkannya berdiri sendirian di antara pemimpin Eropa - tapi ada ketidaksetujuan tentang apakah atau tidak itu adalah hal yang baik dan apa artinya politik dan ekonomi. Tugas kita adalah untuk menjelaskan apa yang terjadi dan menginterogasi perspektif berbeda yang diambil pada sikap Cameron sehingga penonton kita bisa menilai sendiri.

Jadi pada Jumat dan akhir pekan kami berusaha untuk menemukan apa itu bahwa Perdana Menteri telah memveto, yang ia mencari perlindungan untuk Kota London, dan apa yang telah berubah untuk Inggris dan Eropa. Kami mempertanyakan berbagai politisi dan kami mengambil kegelisahan di antara Liberal Demokrat, yang meledak menjadi terbuka dengan penampilan Nick Clegg pada Andrew Marr acara pada hari Minggu.

Kami telah didukung ini dengan analisis implikasi politik dan ekonomi oleh editor kita yang paling terpercaya dan dihormati: Nick Robinson, Gavin Hewitt, Robert Peston, Stephanie Flanders dan sejumlah koresponden lainnya.

Hampir pasti, proses ini menyebabkan politisi harus ke lapangan beberapa pertanyaan dari pewawancara BBC tidak nyaman.Kami tidak melakukannya karena kita memiliki beberapa agenda tersembunyi tetapi karena masyarakat mengharapkan kami sebagai penyiar independen dan tidak memihak untuk menahan pemerintah dan partai oposisi ke account.

Selama akhir pekan program berita telah menampilkan wawancara mendalam dengan George Osborne dan William Hague untuk Konservatif, Nick Clegg untuk Demokrat Liberal, berbagai Euro-skeptis suara dan beberapa politisi Partai Buruh yang sangat kritis. Semua memiliki pandangan yang berbeda, semua telah diizinkan untuk mengekspresikan mereka - dan memang demikian.

Ini adalah sifat dari subyek perdebatan - Eropa, perubahan iklim, Timur Tengah - bahwa mereka polarisasi pendapat. Di antara mereka yang merasa kuat tentang mereka, BBC News sering dituduh "memihak". Kita harus selalu terbuka terhadap kritik tentu saja - kita tidak mendapatkan segalanya dengan benar. Tapi kritik, bagaimanapun ganas, tidak boleh menghalangi kita dari fokus pada dasar-dasar: menceritakan kisah secara akurat dan adil, pengujian itu terhadap berbagai pendapat dan menantang semua orang pendapat dengan kekerasan.

Ini bukan pendekatan yang membuat kita populer dengan semua orang tentunya, tapi mungkin menjelaskan mengapa penonton tetap begitu setia untuk output BBC selama beberapa dekade.

Helen Boaden adalah Direktur BBC News

No comments:

Image and video hosting by TinyPic