Sunday 1 January 2012

Esensi Penciptaan Manusia Sebagai "Leader"

Keberadaan manusia di Bumi sudah bertahan sejak ratusan ribu tahun lalu, yaitu sejak Nabi Adam AS dan Siti Hawa diturunkan kebumi. Dari sepasang manusia tersebut kemudian terus bertambah dengan distribusi yang makin meluas ke seluruh penjuru daratan di Bumi.

Eksistensi manusia di jagad raya di posisikan sebagai memiliki peranan aktif dan memiliki tanggung jawab serta kewajiban memanfaatkan dan memakmurkan jagad raya (bumi) sebagai khalifah Fil Ar’dh.

Untuk bisa menjalankan fungsi khalifah manusia harus menegakkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan serta menyiarkan kebaikan dan kemaslahatan, ini merupakan perkara yang sangat mendasar untuk bisa diterapkan.

Tanpa kebenaran dan keadilan serta kebaikan dan kemaslahatan tidak mungkin tatanan kehidupan umat manusia bisa diwujudkan karenanya ini menjadi persyaratan utama bagi manusia untuk menjalankan fungsi khalifah pada dirinya.

Menurut ajaran Islam, tugas pokok hidup manusia sepanjang hidupnya hanya satu tugas, yaitu beribadah kepada Allah, Sang Pencipta. Allah berfirman dalam kitab suci Al Qur’an (al_Drariat [51]: ayat 56) yang artinya:

“Tidaklah Aku menciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk menyembah kepada-Ku”.

Menjalankan ibadah bukanlah tujuan hidup, tetapi merupakan tugas yang harus dikerjakan oleh mahluk Allah sepanjang hidupnya. Ibadah mengandung arti untuk menyadari dirinya kecil tak berarti, meyakini kekuasaan Allah Yang Maha Besar, Sang Pencipta, dan disiplin dalam kepatuhan kepada-Nya.

Oleh karena itu orang yang menjalankan ibadah mestilah bersikap rendah hati, tidak sombong, menghilangkan egoisme dan Istiqamah untuk terus berupaya agar selalu dalam ridha dan bimbingan-Nya.

Keadilan tanpa kekuatan akan menghadirkan kehampan dalam tatanan sosial, dan kekuatan tanpa keadilan akan menimbulkan kezaliman, maka dari itu kekuatan dan keadilan harus selaras untuk mencipatakan tatanan masyarakat adil makmur dimuka bumi yang diridhoi Allah SWT.
Penulis - Darman Db Wuna

No comments:

Image and video hosting by TinyPic