Thursday 29 December 2011

Aspirasi Kaum Intelek

Kata Hati dalam Kreasi


SETIAP masyarakat punya hak untuk menyampaikan pendapat. Demikian juga ketika mahasiswa ingin menyuarakan keinginan mereka. Nah, supaya suara kita bisa tercapai, dan energi kita dalam beraksi tidak terbuang percuma, ada beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan saat ingin bersuara.
Pesan jelas
Sebagai kaum intelektual, mahasiswa tidak hanya bisa mengandalkan otot, tapi juga otak. Jadi, jika ingin berdemonstrasi, kita harus menyepakati pesan dan tujuan yang ingin dicapai. Jangan sampai aspirasi yang kita sampaikan hanya lewat begitu saja karena pesan yang disampaikan kurang jelas.
Menarik
Menarik tidak berarti anarkistis. Dengan massa yang banyak, kita memang bisa menarik perhatian masyarakat atau pemerintah. Namun, kita juga harus bertanggung jawab dengan massa yang dibawa. Gunakan cara kreatif yang tidak merugikan kepentingan orang lain, supaya pesan kita bisa tersampaikan dengan baik.
Aksi nyata
Tak hanya menyampaikan suara lewat teriakan dan poster protes, seorang yang ingin menjadi aktivis juga harus dekat dengan masyarakat. Misalnya dengan menyumbangkan pengetahuan dan kemampuan kita dalam kegiatan sukarela. Lewat hal ini, peran kita bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

No comments:

Image and video hosting by TinyPic